SEMBOYAN

{ KEMANDIRIAN, PENGETAHUAN, KERJA KERAS, OPTIMISTIS, AKUNTABEL & PROFESIONAL }

Friday, April 10, 2015

Wapres Pastikan Bulan Ini Dana Desa Cair.

CNG.online: - Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) kembali memastikan, bulan April ini pemerintah akan mencairkan dana desa yang besarannya sekitar Rp 750 juta per desa. Sebagaimana dijanjikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes) Marwan Jafar.

"Saat ini, baru awal April, saya kira masih ada waktu. memang rencananya di semester pertama ini sudah harus keluar (dana desa)," kata JK di Istana Wapres, Jakarta, Jumat (10/4).

Walaupun, lanjutnya, memang ada perubahan struktur ataupun organisasi di kementerian yang menyebabkan perombakan mekanisme penyaluran dana desa tersebut.

Seperti diketahui, polemik pengurusan desa timbul akibat perubahan nomenklatur dalam kabinet kerja, yaitu Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal menjadi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemdes). Sehingga, rebutan pengurusan desa terjadi antara Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) dan Kemdes.

Ujungnya, terjadi perebutan keberadaan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Hingga, akhirnya diputuskan Kemdagri akan fokus pada urusan administrasi pemerintahan desa. Sedangkan, Kemdes akan mengurus desa terkait dengan perencanaan program pembangunan, monitoring, dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga, Ditjen PMD berada di bawah wewenang Kemdes.

Terkait dana desa, Mendes Marwan Jafar memang pernah mengatakan, pertengahan April 2015, dana desa Rp 750 juta per desa akan dicairkan pertengahan bulan April ini.

Menurutnya, setiap desa rata-rata akan menerima dana sebesar Rp 750 juta yang meliputi Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat dan Alokasi Dana Desa (ADD) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Walaupun, alokasinya setiap desa akan bervariasi jumlahnya.

No comments:

Post a Comment